18 Februari 2013

Langkah-Langkah Membuat Mind Map Buzan


Sofware Mind Map ini diciptakan oleh Tony Buzan  (Inggris) pada tahun 1970.
Mind Map (peta pikiran/ peta konsep) berfungsi sebagai alat bantu memudahkan otak bekerja. Dalam pembelajaran, mind mapping bermanfaat untuk menyederhanakan struktur, mempercepat pemahaman terhadap konsep, memudahkan ide mengalir, mempertajam daya ingat, dll.

Membuat  Mind Map Buzan cukup dengan empat langkah yaitu  Pusat, Kategori, Hierarki, Korelasi, yang lebih mudah diingat dengan jembatan PU-KA-HI-KO.

Menu Awal




                  
 1. Pusat:

Pada langkah awal akan tampak menu seperti di atas. Cara membuat  PUSAT: Klik satu gambar dan ketik kata pada isian nomor 2 lalu enter. (Contoh: Ketik kata PUSAT). Muncul gambar berikut:


                    
2. Kategori:

Cara membuat kategori: Klik dan tarik titik merah ke arah yang diinginkan, dan ketik kata yang diinginkan, enter. (Contoh: Ketik kata KATEGORI). Tampak gambar berikut:
                                    
  3. Hierarki:  

Merupakan urutan informasi yang ada di dalam setiap kategori dalam bentuk kata kunci bukan berbentuk kalimat. Cara membuat hierarki: Klik ujung batang KATEGORI, tarik ke arah yang diinginkan, dan ketik kata yang diinginkan, enter. (Contoh: Ketik kata Hierarki). Tampak gambar berikut:
                              
4. Korelasi :  

Cara membuat Korelasi: Klik ujung batang Hierarki yang akan dihubungkan, klik Draw, pilih Arrow, kembali ke ujung batang Hierarki klik dan tarik ke tempat yang diinginkan. Ketik kata Korelasi pada garis putus-putus.

        
       
Tampak gambar berikut:
 




                              

                              

3 komentar: